Warna-Warni 2011

By Riki Rachman Permana - Saturday, December 31, 2011

We Will open the book. Its pages are blank. We are going to put words on them ourselves. The book is called Opportunity and its first chapter is New Year's Day (Edith Lovejoy Pierce) 

Seperti kebanyakan anak muda pada umumnya, menjelang detik-detik pergantian tahun baru, selalu exciting dengan euforia yang begitu semarak. Sedari kecil, saya memang tidak terbiasa merayakan tahun baru, hanya karena adik saya Faizal berulang tahun tepat pada tanggal 1 Januari, ya mau tidak mau (kesannya terpaksa #hehe) kami sekeluarga biasanya syukuran tengah malam (dengan mata terkantuk-kantuk). *peace*

Katanya, semakin banyak kita bersyukur, maka akan semakin banyak nikmat, kebaikan serta jalan terbuka untuk melangkah. Maka sebelum menggulung kalender 2011 ini, secara khusus saya ingin mengutarakan ucapan terima kasih kepada banyak sahabat yang mewarnai tahun 2011 ini :) 2011 memang sangat berwarna! menyenangkan dan...ah banyak cerita yang patut disyukuri pada akhirnya, so let's begin the story :

  • Memulai perjuangan di bulan Januari bersama sobat saya, teman seperjuangan dari semester 1 yaitu Dian Febriani , kami alhamdulillah bisa pergi ke Yogyakarta untuk presentasi paper pertama saya (6 Januari 2011), mungkin kesekian kali bagi Dian. Alhamdulillah abstrak kami tentang "Fenomena Media Baru dan Transgender" berhasil terpilih untuk dipresentasikan dalam Konferensi Literasi Media yang diadakan oleh Rumah Sinema di Yogya. Tak lupa tentunya ajang inipun dijadikan ajang liburan bagi Fatimah Azzahra yang nebeng liburan ke Yogya. Niatnya pengen naik kereta bisnis tapi karena Fatimah bilang kita mahasiswa dan harus berhemat, maka kami akhirnya naik kereta Ekonomi Progo dari Stasiun Senen Jakarta dengan harga tiket Rp 35.000 saja! #Amazing. Tapi jangan ditanya bagaimana rasanya? kalau ada rezeki berlebih, saya sarankan jangan nekad dan pelit seperti kami ya, karena pengen bawa oleh-oleh yang banyak dari Yogya, jadi semua bela-belain naik kereta ekonomi yang *jadi gak tega ngomongnya karena kami harus menahan kencing dari jam 9 malam sampe jam 6 pagi dalam kereta* hehe..., anyway soal Paper saya dan Dian, mungkin banyak masukan di sana sini dari para senior, alhamdulillah dapat pengalaman bagaimana menulis karya ilmiah dengan lebih matang :)
Dian-Riki-Fatimah waktu pada masih kurus :D








  • Tanggal 13 Januari 2011 setelah pulang dari Yogya, langsung dihajar dengan ngebantuin kampus nyelenggarakan Seminar “Perempuan, Ruang Publik dan Islam : Telaah Sosial, Budaya, Politik dan Agama atas Peluang serta Dukungan bagi Perempuan dalam Mengakses Ruang Publik”. Ajakan ini datang dari pinangan sobat saya Wirawan Noviana dan Bu Aida *makasih ya We*. Dalam acara ini ceritanya saya belajar untuk jadi penanggung jawab Humas khususnya untuk menghandle publikasi ke media dan talkshow di salah satu radio. Karena acara ini dihadiri oleh Bu Linda *menteri itu loh, sok kenal deh gw* makanya saya pribadi agak hectic dan takut beberapa media malah gak datang, tapi alhamdulillah banyak dapat ilmu dan pengalaman dari event ini total liputan yang masuk ke media ada 10 berita, untuk ukuran pemula seneng abis pokoke ngeliatnya!. Bersyukur banget bisa mempertajam kemampuan di jurusan yang i love the most yaitu Public Relations *jeng jeng jeng* :)) Ini contoh liputan yang masuk ke Republika Online dan JakartaGlobe Online
 

  • Memasuki awal semester 6, saya berjumpa dengan seorang dosen yang cukup saya kagumi dari semester 4 lalu, namanya Mba Hanny Kusumawati atau akrab berkicau dengan akunnya @beradadisini maupun dalam blognya beradadisini.com juga. Mba Hanny bekerja di sebuah PR Agency : Maverick dan punya spesialisasi dalam bidang digital PR. Perkenalan kami dimulai dari semester 4 silam ketika beliau datang untuk presentasi di kampus soal digital PR dan project sosialnya yaitu #CAC atau Coin A Chance - sebuah konsep kegiatan sosial dengan melakukan hal sederhana yaitu mengumpulkan koin untuk kemudian didonasikan kepada anak putus sekolah agar bisa kembali bersekolah, keren kan! Ketika dibuka sesi tanya jawab, kemudian saya bertanya bahwa sulit menemukan referensi untuk membahas tentang digital PR, dan jeng jeng jeng, seketika Mba Hanny memberikan saya buku yang berjudul "Mba Hanny mengajar matakuliah Bisnis Kehumasan. Banyak sekali pandangan baru soal dunia PR yang ternyata masih secuil baru saya ketahui, ini yang memacu saya terus belajar dan belajar dari sosok Mba Hanny yang energik dan cerdas! 
Di suatu senja setelah presentasi di kelas :)
  • 14 Mei saya mendapatkan surat undangan untuk mempresentasikan paper kedua saya bersama Selly Novianti dan Enur Nursyamsi di UNAIR Surabaya yang berjudul "Internet, Aktualisasi Diri dan Identitas". Niat kami bertiga memang sedari awal hanya ingin menambah wawasan karena kami sadar kalau kami adalah praktisi bukan paperist #hahaha tapi alhamdulillah Keken dan Benny menang juara 1 mewakili Paramadina dengan topik Online Game. #keren!  Di kesempatan ini saya berhalangan hadir jadi diwakilkan oleh Enur dan Selly, sumpah mereka punya banyak cerita yang menengangkan serta menyebalkan untuk dikenang, tapi yang berlalu biarlah berlalu, yang penting kita berhasil dapat pengalaman baru dan sertifikat!
  • Masih di bulan Mei 2011 saya memberanikan diri untuk mengikuti ajang duta batik Jawa Barat yang diadakan oleh teman-teman PR UNPAD, untuk ikutan ajang ini saya sengaja main ke Desa Trusmi di Cirebon untuk membeli batik dan tentunya observasi biar jadi juara #hahaha. Tak lupa saya membeli beberapa buku seputar batik di Gramedia sebagai bahan bacaan supaya bisa kelihatan sedikit cool dalam menjawab pertanyaan. Alhamdulillah, saya lolos finalis 50 besar, meskipun belum berhasil lolos babak final tapi ajang ini jadi jalan bagi saya untuk menceritakan kecintaan & kebanggaan saya pada batik khususnya batik Cirebon. Pengalaman unik selama mengikuti ajang ini adalah pertama Duta Batik Jabar memberikan persyaratan batas minimal tinggi badan Pria hanya 165 cm #Amazing! & kedua saya sangat gelagapan ketika diinterview dengan bahasa Sunda, maklum dari awal lahir memang hidup nomaden dan bahasa Ibu di rumah adalah Bahasa Indonesia. 
  • Tepat 14 Juli 2011 saya diterima magang di PT Unilever Indonesia Tbk. Dan alhamdulillah ditempatkan di bidang Media Relations, seneng banget karena pengalaman baru yang bisa mempertajam pengetahuan saya di bidang PR. Pengalaman uniknya adalah saya berkenalan dengan Mba Ribut Purwanti yang ternyata dianugerahi sebagai PR Officer of The Year dari majalah MIX sebuah penghargaan bergengsi yang biasa dikeluarkan sebagai bentuk apresiasi pada insan PR di Indonesia. Dan itu artinya saya banyak berguru pada orang yang tepat dong hehe. Hingga September 2011 saya menjalani magang di Unilever dan banyak cerita seru seputar suka duka yang saya jalani bersama kedua rekan Perempuan Polos Tak Berdaya "Sartika Permata Sari & Fanny Fitrillah" yang juga magang di PT Telkom Indonesia yang lokasinya bersebrangan dengan Graha Unilever, jadi kami bisa pulang magang bersama dan saling curhat kalau habis dimarahin sama Tante-tante JUTEXXX! di kantor, lucunya Sartika & Fanny bela-belain ngekost di belakang kampus karena mereka merasa capek bulak-balik Depok-Jakarta #hahaha. Selalu, kami mengakhiri sore hari yang melelahkan dengan makan Ayam Goreng Penyet dengan pelayan yang pelupa stadium 1, mesen paket A dikasih paket B, mesen es jeruk dikasih es teh manis, buahahahaha...dialah pelepas stress kami! 
Media Relations Team Unlever Indonesia dari kiri ke kanan Mba Tanti-Maslicha-Ribut Purwanti dan Aurellio
  •  Bulan September 2011, sahabat seperjuangan saya Syifa Nurhanifah pulang setelah terdampar 2 tahun di Jerman! Yup dia datang memberikan banyak kejutan pada kami, meskipun cuma 2 minggu di Cirebon tapi cukup seru menanti kedatangan Syifa di Bandara bersama kedua orang tuanya. What a wonderful Girl! Saya, Nelson, Eva, Ikhwan, Syifa menghabiskan seharian penuh di Cirebon untuk keliling-keliling dan makan-makan, wah! seru sekali kalau diingat-ingat, pengennya sih sampai malam, apadaya kalau di Cirebon pulang jam 8 malam aja udah disambut dengan ekspresi muka dingin orang tua kami :) Sebelum Syifa pulang ke Austria, kami (Saya, Ikhwan dan Ucup) membuat komitmen selama setahun kedepan. Beberapa komitmen saya yang saya tulis dan masih saya tempel di lemari adalah komitmen untuk belajar main gitar, go abroad/syukur-syukur dapet beasiswa di luar *aminnn* dan tentunya LULUS kuliah :) gimana dengan kalian??? mana suaranya?? 


  • Bulan Oktober, spesial kado ultah kayaknya, gak disangka dapat kesempatan bantuin kampus menyelenggarakan acara National Annual Stakeholders Coordination Meeting (NASCAM) di Bali. Acara ini bertujuan untuk mengevaluasi perkembangan pendidikan integritas di setiap kampus yang menjadi anggota jaringannya. Di acara ini saya memilih saudari Selly Novianti (lagi) sebagai Partner in Crime yang bertugas mengurus kedatangan sekitar 115 peserta dosen dari Aceh hingga Kupang untuk berkumpul di Bali. Tim mahasiswa dalam kegiatan ini adalah Rahma Kaolina & Nadia (Spesialis Desain-keren abis), Didit & Doni (Spesialis urusan hotel & transportasi yang sangat dahsyat kinerjanya!). Kebetulan karena kami panitia, maka tiket PP, penginapan, akomodasi dan uang jalan-jalan diberikan secara cuma-cuma setelah acara berakhir, #Alhamdulillah kan? Bekerja dengan Tim Cordova seperti Didit dan Mba Dewi Kurniaty menambah keseruan dalam melewati "indahnya Bali tanpa sinyal Wifi gratis" #hahaha but anyway as Mba Dewi made on her facebook status that Life is an adventure rite?
Mau tau cerita horor tentang hotel ini? hihihi

Last day in Kuta Beach, Tebak saya yang mana ayoooo??
  • Rasanya kurang bersyukur kalau saya tidak mengucapkan terima kasih kepada Pak Totok (pembimbing skripsi saya), Bu Leonita (pembimbing spiritual saya *hehe), Pak Wahyu (pemancing ide di otak saya), yang banyak memberikan arahan sehingga saya bisa mencapai seminar di bulan Desember ini. Sedikit terlambat dari jadwal yang saya rencanakan, tapi sungguh terharu akan kebaikan dan arahan beliau-beliau ini. Makasih banyak juga kepada Mas Suhariyanto yang selalu mengingatkan kalau skripsi itu prioritas saya saat ini.Terima kasih banyak ya Mas :D
  • Adik-adik di Himasis, makasih sudah mengundang saya untuk sharing di SMA Sumber ya, seneng bisa berbagi dan bertukar cerita soal banyak pengalaman berharga seputar dunia perkuliahan. Semangat untuk para pengurus Himasis (Himpunan Alumni SMA 1 Sumber) khususnya untuk inisiator dua sejoli Ellis Annisa dan M.Haidir Ali yang sudah banyak berkontribusi dalam acara ini, jadi inget jaman-jaman muda dulu deh #eaaaaaaa.....

  • 27 Desember 2011, selamat ulang tahun Pap, Idola saya, partner diskusi saya yang selalu memberikan arahan tanpa banyak menuntut, yang selalu membantu saya ketika sudah kehabisan ide, dari beliau lah banyak inspirasi saya dapatkan. Kalau lagi mentok soal ide-ide dalam mengerjakan tugas perkuliahan maka dengan berdiskusi bersama beliau, otak ini cerah kembali.
Tahun baru semangat baru, siap dengan pengalaman baru, tapi tentunya banyak pelajaran dari tahun lalu yang bisa jadi penuntun dan panutan dalam menjalani sejuta jalan ke depannya. Masih banyak ucapan terima kasih ini ingin saya alamatkan, tapi dibikin part2 aja deh biar penasaran kayak nonton film Harry Potter. All the best buat kita semuanya!

@permanarikie

  • Share:

You Might Also Like

4 komentar

  1. wOw. wonderfull year for riki, wish next year would be more wonderfull than this year

    ReplyDelete
  2. Selamat tahun Baru ya nak :-)

    Smg 2012 lebih berwarna warni lagi :-D

    Tetep, jangan lupaaa SKRIPSI, hehehe

    Smg januari 2012 bisa sidang skripsi dan resmi menjadi Sarjana Ilmu Komunikasi,
    Amin ya rabbal'alamin

    Keep the good work, you are smart boy, you are extraordinary boy :-)

    Keep writing :-)

    ReplyDelete
  3. Informasi yang menarik dan sangat bermanfaat, Semoga Sukses selalu, salam hangat dari kami yang pernah magang di Tempat Magang Di Jogja :D

    ReplyDelete

Halo, gimana pendapatmu setelah membaca tulisan di atas?