Rekomendasi Kamera Mirrorless Harga Rp 5-7 Jutaan!

By Riki Rachman Permana - Monday, January 02, 2017

Selamat datang 2017! Biasanya kita akan membuat berbagai resolusi di tahun baru sembari mengingat-ingat momen apa yang sudah dilewatkan di tahun sebelumnya. Resolusi diet? Ah sudahlah! 

Merasa bahwa kamera sudah jadi kebutuhan? Banyak momen yang rasanya ingin diabadikan dengan kamera? Ada yang berencana membeli kamera di tahun 2017? Kalau iya, saya semangat banget buat kasih masukan soal serba-serbi pilih kamera! Buat saya benda kecil yang namanya kamera itu spesial banget, karena bisa mengabadikan momen dalam hidup kita yang mungkin gak akan terulang lagi.

Olympus OM-D EM-5

Beberapa hari yang lalu, ada beberapa kawan yang nge-chat buat nanya pendapat saya soal rekomendasi kamera mirrorless. Wah langsung semangat dong buat ngeracunin temen-temen saya buat punya kamera hehe.

Saya coba jelaskan satu per satu ya soal kamera mirrorless dari pengalaman saya saja. Kalau mau dapat penjelasan lengkap, detail dan menyeluruh dari sudut pandang fotografer, teman-teman bisa cek beberapa tulisan fotografer soal kamera mirrorless di link berikut ini:

Pilih SLR atau Mirrorless?

Itu pertanyaan pertama yang muncul. Kehadiran kamera mirrorless ini memang jadi fenomena. Sekarang kayaknya tiap orang bisa jadi fotografer, tinggal bawa kamera mirrorless atau bahkan menggunakan kamera HP, bidik obyek dengan menarik, upload di media sosial, langsung berasa fotografer!

Kamera mirrorless itu banyak digadang-gadang oleh pengamat sebagai “the future of camera” yang akan menggantikan kamera SLR. Bentuknya jauh lebih ringkes, ringan, kecil tapi kemampuannya setara (bahkan beberapa melebihi) kamera SLR. 

Buat detail penjelasan soal kamera mirrorless, pernah saya tulis di artikel sebelumnya: Kamera Mirrorless: Si "Mungil" yang Gigit Banget

Kalau kamu punya mobilitas yang tinggi, akan sangat sering menggunakan kamera untuk keperluan sehari-hari, menjadikan kamera sebagai sahabat untuk meng-capture momen sehari-hari maka pilihannya jatuh ke kamera mirrorless.

Tapi kalau kamu ingin mendalami fotografi lebih serius, berencana menekuni fotografi dengan harapan bisa dapat sampingan atau rejeki lebih sebagai fotografer (kalau udah ahli), akan sering foto di studio dengan perlengkapan lighting yang komplit, maka pilihannya jatuh ke kamera SLR.

Rekomendasi Kamera Harga 5-7 jutaan

Kalau boleh jujur sebenernya ini budget nanggung, karena kalau mau sabar & nabung lagi bisa dapat kamera di atas 8 jutaan yang punya spek komplit hehe… tapi kembali lagi, bukan kamera yang membuat hasil jepretan itu keren, tapi kemampuan pemegang kamera (pengguna) yang membuat hasil bidikan menjadi bernilai. Dulu saya pun mikirnya makin mahal kamera pasti makin keren hasilnya, tapi gak selamanya bener juga. Buktinya akhir-akhir ini saya coba ambil gambar dari kamera HP dan hasilnya cukup keren kok (menghibur diri).

Iphone 5 - Merapi

Iphone 5 - Putri Duyung Resort Ancol

Berdasarkan pengalaman saya, kalau dikasih budget 5-7 jutaan maka pilihannya (yang pernah saya coba) adalah:

SAMSUNG NX3000
Yup! Ini kamera mirrorless pertama yang saya beli. Harganya relatif terjangkau sekitar Rp 5 jutaan. Kamera ini di berbagai blogYouTube channel para fotografer sangat direkomendasikan. Bentuknya mungil, bisa buat selfie, punya megapixel yang besar, wifi buat transfer file langsung ke handphone. Meskipun menurut kabar, Samsung udah gak mengeluarkan lagi seri kamera setelah NX500 tapi dengan budget yang terjangkau, kamera ini bisa jadi pilihan buat kamu yang ingin membeli kamera mirrorless.


Pantai Indrayanti

Candi Prambanan

Pantai Nguyahan

Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan

PANASONIC LUMIX GF6
Bentuknya ringkes & mungil. Dibekali 16 megapixel, tapi lensa bawaan 14-42 mm yang artinya kamu bisa menangkap landscape dengan cukup lebar. Buat kamu yang hobi jalan-jalan dan ingin mengabadikan pemandangan yang luas, kamera ini bisa menangkap gambar landscape dengan ciamik. Udah ada wifi-nya juga jadi transfer ke foto handphone lebih gampang.


Sunset di Pantai Batu Hiu Pangandaran



Taman Wisata Alam Pangandaran

FUJI X-A2
Fuji emang lagi naik daun banget nih beberapa tahun belakangan. Seri Fuji X-A2 ini dilengkapi oleh Wifi dan jepretannya berkekuatan 16 megapixel. Di tahun 2016 ini sebenarnya sudah keluar seri terbaru yaitu Fuji X-A3 tapi saya sendiri belum pernah mencobanya. Yang menarik dari kamera fuji adalah (buat saya) design retro dari kameranya sendiri. Ada warna silver, hitam & coklat, unch banget deh! Selain itu Fuji punya tone warna hasil jepretan tersendiri yang sangat cerah. Untuk urusan video? Duh jangan ditanya! Fuji sampai detik ini gak berminat mainan di video kayaknya. Soal video hasil produksi Fuji bisa dibaca review-nya di dunia maya.

fitur kamera Fuji XA-2 yang bisa dilipat ke atas mempermudah untuk selfie! 

Kekurangan Kamera Mirrorless 

Dari ketiga kamera yang saya pilih, ada kekurangan yang sama yaitu soal baterai. Sudah bukan rahasia lagi kalau kamera mirrorless itu boros baterai. Kok bisa? Iyalah wong layarnya nyala terus. Beda dengan SLR yang layarnya gak perlu selalu nyala untuk membidik gambar karena dilengkapi dengan jendela intip (viewfinder). Mirrorless yang tidak dilengkapi dengan jendela bidik akan sangat mengandalkan layar utamanya untuk menangkap gambar. Karena layarnya nyala terus maka baterai cepat habis.

Perbandingannya seperti ini. Kamera SLR yang fully charged bisa bertahan selama satu harian (pagi-sore) sedangkan kamera mirrorless biasanya paling banter bertahan setengah hari (pagi-siang) dengan 200 jepretan. Yup itulah kekurangannya. Meskipun ringkas tapi teknologi baterainya belum bisa menandingi kamera SLR.

Ada beberapa tempat beli kamera yang saya rekomendasikan karena alasan keamanan serta jaminan barang. Kalian bisa cek harga kamera yang diincar di website-nya sebelum datang ke tokonya langsung. Ini pilihan tempat buat beli kamera:


-->
Sekarang tinggal dipilih sesuai kebutuhan & budget. Mau beli kamera yang mana ayoooo???


Random Travel Video






  • Share:

You Might Also Like

7 komentar

  1. RASAKAN SENSASI KEMENANGAN DENGAN MEJA HOKI DAN KARTU BAGUS SETIAP HARINYA !!
    SATU - SATU NYA SITUS TARUHAN DENGAN RATING KEMENANGAN TERTINGGI DAN PENCARIAN BANDARQ NO. 1 DI GOOGLE!! :)
    Dengan Fasilitas Exclusive :
    Proses Transaksi yg jauh Lebih mudah dan Cepat!!
    Minimal Depo & WD Terjangkau cuma 20 rb!!
    Kartu di Meja juga Lebih Ringan..
    Tidak lupa juga Menemani anda Tips & Trik yg Selalu Jitu..
    Games Juga Mudah di Akses dr berbagai Gadget LHO!!!
    jangan pusing lagi bos.. Bermain dengan santai dan Tenang bersama kami!!
    karena tidak ada pelayanan se-mewah, se-profesional dan se-exclusive Hobiqq,Poker!! ^^
    Kembangkan Hobi anda.. Warnai kartu anda yang hobi selalu kasih QQ !!! ^^
    HUB KAMI DI :
    SKYPE : HOBIQQ
    FACEBOOK : HOBIQQ
    PIN BBM : 7770C8B4
    Yahoo : Hobiqq@yahoo.com
    Line : HOBIQQ
    www. HOBIQQ .poker
    www. HOBYQQ .com
    www. HOBI99 .com

    ReplyDelete
  2. cerita ini sangat menarik sekali

    http://www.maxisbola.com/NewIndex.aspx

    ReplyDelete
  3. sangat bagus sekali


    http://www.maxisbola.com/NewIndex.aspx

    ReplyDelete

  4. Terpaksa sy ucapkn dsni bahwa cita-citaku menjadi TKW yang sukses pulang di kampungku sudah tercapai, alhamdulillah.... awalnya aku ikut-ikutan melihat temanku, ternyata setelah kubuktikan hasilnya memang luar biasa ..!!! terima kasih banyak kpd teman aku yg ada di singapura..! berkat postingan dia di halaman facebook TKI Sukses aku baca. Aku bsa kenal nma nya Mbah Suro Guru spiritual PESUGIHAN ANKA GHAIB TOGEL 2D sampai 6D dan PESUGIHAN DANA GHAIB. . pikir-pikir kurang lebih 7 tahun kerja jd Tkw di Taiwan hanya jeritan batin dan tetes air mata ini selalu menharap tp tdk ada hasil sm sekali. Mana lagi dapat majikanku galak, kejam, cerewet, salah sedikit kena marah lagi . Tiap bulan dapat gaji hanya separoh saja . . itu pun tdk cukup biaya anak di kampung. Tp sy beranikan diri tlpon nmr beliau untuk minta bantuan nya. melalui PESUGIHAN DANA GHAIB Nya . syukur Alhamdulillah benar2 terbukti sekarang. terima kasih ya allah atas semua rejeki mu ini. Aku sudah bs pulang ke kmpung halaman buka usha skrg. jk tman minat ingin tlpn beliau . ini nmr nya +62 82354640471 & 082354640471 siapa tau anda bisa di bantu dan cocok sprti aku . aminn




    ReplyDelete
  5. Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokatu...
    Mohon maaf bilah kedatangan saya mengganggu. Perkenalkan nama saya mbak romlah asal magelang seorang mantan PRT duluh kerja di kota malaka malaysia selama 8 tahun lamanya. Singkat cerita..saya sangat berterima kasih kpd MBAH BALAPATI atas bantuan beliau melalui pemasangan nomer togel 6D Nya alhamdulillah saya menang RM,257.000 uang indo kurang lebih 770 juta. saya tidak menyangka kalau saya bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH BALAPATI, saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang alhamdulillah kini sekarang saya sudah punya rumah dan usaha sendiri itu semua atas bantuan beliau. Saya tidak tau harus berbuat apa untuk membalas kebaikan beliau karna banyakNya orang yg saya telpon dari google untuk minta bantuanNya tidak ada satu pun yg berhasil malah hutang saya tambah banyak. Beliau juga bisa membantu melalui pesugihan uang gaib tanpa tumbal, Pelet, Pelaris, Nomer togel 4D/5D/6D.. Bagi anda yg diluar negri maupun dalam negri butuh bantuan beliau jangan takut atau maluh segerah hubungi MBAH BALAPATI di nomer 082190534451 / +6282190534451 Semua akan berubah Karna kesuksesan ada pada diri kita sendiri. Yakin dan percaya bahwa itu semua akan tercapai berkat bantuan dari mbah dan muda2han anda cocok dan beliau bisa membantu anda seperti saya. Sekian dan terima kasih atas tumpangannya semoga dengan adaNya pesan singkat ini semua bisa merubah nasib...





    Wassalam...




    ReplyDelete
  6. Terima kasih banyak kepada teman saya yang di Singapura ..! berkat postingan dia di halaman facebook TKI Sukses saya baca. Saya bisa kenal nama nya Mbah Suroto. saya tidak tau apa ini secara kebetulan saja. Tapi yang jelas saya berani sumpah demi alloh kalau saya tidak menikmati hasil nya bantuan dari mbah.

    waktu itu setelah pikir-pikir kurang lebih 5 tahun kerja jadi Tkw di Saudi Arabia hanya jeritan batin saya alami. Berkat bantuan beliau melalui Pesugihan Dana Gaib nya ini alhamdulillah sekarang kehidupan saya jauh lebih baik dari sebelumnya.

    Tergantung keyakinan dan kepercayaan saja. Banyak pilihan di berikan yaitu Dana Hibah, penglaris usaha dagan, dana gaib, anka gaib togel 3D,4D,5D,6D jampi pelet, ingin cepat dapat pekerjaan, dll....

    Kini saya berbagi pengalaman saja sudah saya rasakan dan buktikan sampai sekarang. Atau mungkin ada teman mau hubungi langsung beliau ini nomer WhatsApp nya 0822 9127 7145 Semoga bermanfaat. aminn...

    Info lebih jelas nya buka saja situs beliau di sini https://pesugihanputihislamia.blogspot.com.

    ReplyDelete

Halo, gimana pendapatmu setelah membaca tulisan di atas?