Menyuarakan Anti Korupsi

By Riki Rachman Permana - Tuesday, December 15, 2009

Ngomongin soal korupsi kayaknya gk bakal pernah abis..(tp jangan pesimis juga),
ada pepatah yang bilang kalau kita mesti think global meskipun act local...
mungkin beberapa contoh penanganan tindak pidana korupsi di beberapa negara bisa jadi referensi buat kita semua sebagai gambaran gimana negara2 tersebut bisa sukses dalam pemberantasan korupsi

Sulit menemukan praktek korupsi di Finlandia. Karena tingkat korupsi di “negara seribu danau” ini sangat rendah. Finlandia merupakan negara yang bersih, tertib, teratur, aman, dan damai. Menurut Majalah The Economist (2003), Finlandia berada pada peringkat pertama negara paling tidak korup.

bagaimana Finlandia menjadi negara bersih?

  • Ada tiga faktor utama, yaitu: Obidience, yaitu sikap taat atau patuh terhadap hukum. Honesty, yaitu sikap jujur kepada diri sendiri dan orang lain. Honesty is the best policy. Gaya hidup sederhana dan tidak konsumeris. Ketiga sikap tersebut diamalkan oleh seluruh lapisan masyarakat, mulai dari pemimpin negara sampai rakyat biasa.

testimoni warga negara Indonesia yang pernah tinggal di Finlandia
"Di sini, jarang sekali terjadi peristiwa kriminal, apalagi seperti pembunuhan. Hukum berjalan dengan baik. Orang-orang di sini sangat mematuhi hukum. JIka terdapat perselisihan, maka biasanya diselesaikan secara hukum. Polisi disini tidak bisa disuap. Jangan coba-coba menyogok polisi, kalau tidak ingin masuk penjara. Orang-orangnya terkenal jujur, susah untuk diajak berkenalan, namun setia kalau sudah berteman.”

(mata kuliah antikorupsi smester pendek 2009 Univ. Paramadina)

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Halo, gimana pendapatmu setelah membaca tulisan di atas?