Akhir Pekan di Taman Menteng

By Riki Rachman Permana - Monday, March 11, 2013




Jalan-jalan ke taman? Tidak ada yang aneh dengan pertanyaan saya barusan. Kenyataannya Jakarta memang punya beberapa taman yang dapat dikunjungi secara gratis di akhir pekan. Selain memainkan fungsinya sebagai ruang terbuka hijau, taman kota di Jakarta pun berfungsi sebagai sarana rekreasi yang murah bagi warga Jakarta.

Untuk sekedar refreshing di sore hari, berolahraga, ngobrol-ngobrol santai, atau tempat bermain anak-anak semuanya bisa terakomodir dengan hadirnya taman kota di Jakarta.


Akhir pekan lalu saya coba iseng mengunjungi taman Menteng di sore hari. Sebenarnya taman Menteng sering saya lalui ketika akan dan kembali dari Stasiun Gambir. Jalurnya yang dilewati oleh Kopaja P20 membuat saya sering melewati taman Menteng ini. Namun kalau ditanya sudah berapa kali saya mengunjungi taman Menteng, maka akhir pekan lalu adalah kali kedua saya menginjakan kaki di taman tersebut. 


 

Lokasinya memang cukup strategis. Berada di wilayah Menteng Jakarta pusat. Tertata dengan rapi dan dikelilingi oleh rerimbunan pepohonan sehingga nyaman untuk dikunjungi di pagi ataupun sore hari yang teduh. 


Taman Menteng sendiri diresmikan oleh Pemprov DKI Jakarta pada 28 April 2007. Waktu itu seingat saya banyak pro kontra yang dialamatkan kepada pemerintah karena sebelumnya, telah berdiri markas besar kesebelasan Persija & stadion Menteng kebanggaan warga Jakarta di atas lahan yang saat ini telah dialihfungsikan sebagai taman Menteng. Konon, kondisi stadiun yang kumuh, tidak terawat dan meningkatnya kriminalitas di daerah tersebut membuat pemerintah DKI Jakarta yang pada saat itu dipimpin oleh Bang Yos (Sutiyoso) memutuskan untuk mengubah arena stadion menjadi taman yang dapat dinikmati oleh seluruh warga Jakarta. 




Di sekitar taman Menteng dapat dijumpai Masjid, gereja, minimarket, café, ATM, departemen store dan Pusat Kebudayaan Italia yang terkenal sering mengadakan pemutaran film gratis! Tak heran jika Taman Menteng banyak ramai dikunjungi oleh warga Jakarta, baik muda-mudi yang sekedar narsis mengabadikan gambar dirinya, pacarnya, modelnya, selingkuhannya :D ataupun orang tua yang sedang menikmati kebersamaan di masa tua bersama #halah 


Satu lagi, Taman Menteng punya bangunan futuristik yang kalau saya bilang bisa jadi icon dari Taman Menteng. Apa coba? Dua buah rumah kaca yang berdiri di tengah taman. Rumah kaca tersebut biasanya difungsikan sebagai tempat pameran, ataupun spot pemotretan bagi para fotografer. Di malam hari, Taman Menteng seketika berubah jadi tempat ngumpul anak gaol Jakarta. Mulai dari dancer, fotografer, komunitas sepeda dan masih banyak lagi komunitas lainnya semua kumpul jadi satu menikmati indahnya kebersamaan (yang gratis) :D  

Selamat bertamasya ke taman kawan! 
 
Colek saya di @PermanaRikie :)

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Halo, gimana pendapatmu setelah membaca tulisan di atas?