Pernah denger istilah Public
Relations? Kalau di Indonesia, terjemahannya mungkin Hubungan Masyarakat
(Humas). Sebenernya itu profesi ngapain sih?
Bekerja di industri komunikasi,
khususnya sebagai Public Relations officer memang memiliki tantangan
tersendiri. Pertama, kita berhadapan dengan banyak pihak yang tidak mengetahui
apa itu Public Relations dan bagaimana kontribusinya untuk sebuah organisasi
atau perusahaan. Minimnya pemahaman mengenai fungsi Public Relations atau yang
lebih sering dikenal di Indonesia dengan Humas (Hubungan Masyarakat) kadang
diperparah dari level internal organisasi atau perusahaan itu sendiri.
Beberapa perusahaan, kerap menggunakan peranan PR untuk “memadamkan api” khususnya ketika perusahaan diterpa sebuah krisis. Dalam hal ini, sebenarnya perusahaan telah mengetahui apa itu PR dan bagaimana PR bekerja, namun kurangnya pemahaman serta referensi success story kompetitor yang mengaplikasikan peranan PR dalam agenda bisnisnya menjadikan PR dianggap sebagai cara yang belum pas digunakan untuk saat ini. Buat apa, toh penjualan kita juga sudah di atas angin toh? Target sales tercapai, amanlah. Kadang perusahaan terlalu nyaman dengan keadaan ini, disisi lainnya kompetitor sudah mulai menyusun rencana untuk meraih simpati publik.
Omong-omong, setidaknya inilah
pandangan saya mengenai profesi Public Relations selama bergelut di bidang ini
sekitar 2 tahun belakangan. Pengalaman saya yang masih minim bukanlah
penghalang untuk menghambat sharing bukan? Semoga sudut pandang yang saya
beberkan dalam forum ini bisa menjadi bahan diskusi kita bersama untuk
memperkaya ilmu.
Apa itu Public Relations?
Di tahun 1960, Ivy Lee merupakan
orang yang tercatat sebagai penyandang profesi Public Relations pertama di
Amerika Serikat, hal ini mengantarkan Ivy Lee dikenal sebagai “Bapak Public
Relations” hingga saat ini. Keberhasilan Ivy Lee memperkenalkan sebuah wacana
mengenai Public Relations mengantarkan keberhasilan beberapa perusahaan
melewati krisis, terutama krisis yang menyangkut opini negatif publik. Salah
satu pemikiran Ivy Lee yang cukup terkenal adalah statemen-nya bahwa “publik
tidak bisa lagi diabaikan”. Sejak saat itulah masyarakat kemudian mengenai
profesi Public Relations sangat erat kaitannya dengan bagaimana menciptakan
publisitas (publicity), publikasi (publication), promosi (promotion), dan
hubungan dengan pers (press relations). Peranan PR dalam menjalankan beberapa
fungsi tersebut terus diandalkan oleh berbagai perusahaan dan menyebar ke
banyak negara hingga Indonesia.
Mengutip beberapa definisi yang
diungkapkan oleh para ahli di dunia Komunikasi, maka definisi berikut semoga
dapat membantu pemahaman teman-teman semua tentang apa itu PR:
An effort to establish and mantain mutual understanding between organization and its public (Suatu upaya untuk membangun dan mempertahankan saling pengertian antara organisasi dengan publiknya) – The British Institute of Public Relations
The planned effort to influence opinion through good character and responsible performance, based on mutually satisfactory two-way communications (Usaha terencana untuk memengaruhi pandangan melalui karakter yang baik serta tindakan yang bertanggung jawab, didasarkan atas komunikasi dua arah yang saling memuaskan) – Cutlip, Center & Broom
Dari kedua definisi tersebut,
gampangnya PR dapat dipahami sebagai sebuah usaha terencana yang dilakukan oleh
perusahaan atau organisasi dengan tujuan untuk membangun serta mempertahankan
hubungan baik melalui kegiatan-kegiatan positif guna memengaruhi persepsi publik
(sehingga menjadi positif) didasarkan atas komunikasi dua arah (antara
perusahaan dengan target publik yang akan disasar) yang saling menguntungkan.
Sudah cukup jelas? Jadi apapun
yang PR lakukan, haruslah merupakan sebuah konsep yang terencana. Lengkap dengan
tujuan yang akan diraih, konsep yang kreatif dan efektif, serta sasaran program
yang akan dituju. Buat saya, kegiatan PR tidak cukup dilakukan hanya sekali
atau dua kali saja untuk meraih opini dan kepercayaan positif dari masyarakat
terhadap perusahaan, melainkan perlu dilakukan secara berkesinambungan dan yang
penting kreatif dan efektif!
Public Relations tentu berbeda dengan Marketing, meskipun dalam dunia PR dikenal konsep Marketing Public Relations namun tetap tidak dapat menggantikan peranan Marketing karena PR memiliki tujuan untuk meraih simpati publik sehingga publik percaya dan jatuh hati pada perusahaan. Ada perumpamaan klasik yang selalu diajarkan kepada mahasiswa Public Relations, meskipun klasik namun perumpamaan ini akan membantu teman-teman memahami fungsi PR
Kegiatan Door Stop Interview & Radio Talkshow. PR berfungsi mengembangkan konten komunikasi (message) yang akan disampaikan kepada target audience. |
Public Relations tentu berbeda dengan Marketing, meskipun dalam dunia PR dikenal konsep Marketing Public Relations namun tetap tidak dapat menggantikan peranan Marketing karena PR memiliki tujuan untuk meraih simpati publik sehingga publik percaya dan jatuh hati pada perusahaan. Ada perumpamaan klasik yang selalu diajarkan kepada mahasiswa Public Relations, meskipun klasik namun perumpamaan ini akan membantu teman-teman memahami fungsi PR
If i tell you i am handsome and exciting, that is advertising. (Bila saya mengatakan kepadamu kalau saya ganteng dan menarik, maka itu disebut Iklan)
If you come and tell me you have heard I am handsome and exciting, that is Public Relations (Bila Anda datang dan mengatakan pada saya kalau Anda pernah mendengar bahwa saya itu ganteng dan menarik, maka itulah PR).
Lihat perbedaannya kan? Iklan
jelas terang-terangan meng-klaim bahwa dirinya No-1 (mana ada sih Kecap yang
meng-klaim dirinya kualitas No-2?) Sedangkan PR lebih menekankan pada
tersebarluasnya informasi positif kepada publik, sehingga publik dapat menjadi
agen yang mampu menyebarluaskan kembali informasi, syukur-syukur bisa menjadi
agen yang merekomendasikan hal positif kepada kawan lainnya.
Pernah datang ke restoran karena
kamu mendengar kalau restoran itu punya makanan yang enak banget? Nah selain
memang peranan promosinya yang kuat, konten informasi positif yang disampaikan
oleh PR menjadi kunci kenapa kamu terhipnotis mendatangi restoran tersebut. PR
menciptakan opini positif sehingga menjadi sebuah persepsi hingga akhirnya
menjadi simpati. Konsep ini tentu hanya akan berjalan kalau kamu benar-benar
membuktikan bahwa pelayanan restoran & makanannya sesuai dengan rumor yang
beredar. Ketika kamu kecewa dengan kenyataan bahwa apa yang kamu rasakan tidak
sesuai dengan apa yang kamu dengar, maka itulah yang dinamakan dengan “Pencitraan”
– istilah yang sering digunakan oleh orang belakangan ini.
Success Story Public Relations
Pernah mendengar PT Unilever
Indonesia? Produsen produk ternama seperti Pepsodent, Ponds, Blue Band, Rexona,
Rinso dan masih banyak produk lainnya. Unilever memiliki misi bahwa publik
harus mengenal Unilever sebagai perusahaan yang baik, mempekerjakan karyawannya
dengan baik, sehingga menghasilkan produk yang baik bagi masyarakat. Misi ini
ditumpahkan dalam slogan “Great People, Great Place” yang bermakna Unilever
adalah tempat terbaik bagi orang-orang terbaik untuk bekerja dan membuat
perubahan “Make a Difference”.
Apa yang dilakukan oleh divisi
Public Relations sehingga misi ini tercapai? Pertama, mereka menjalankan
komunikasi kepada karyawan internal. PR bekerja untuk memberikan pemahaman,
motifasi dan perhatian kepada karyawan sehingga karyawan merasa bangga bekerja
di Unilever. Sebagai contoh, perusahaan selalu membagikan produknya setiap
bulan kepada karyawan, karyawan dapat menikmati fasilitas gym di kantor secara
gratis, karyawan dan tamu dapat menikmati Buavita di lobby kantor, ataupun
karyawan berkesempatan menonton laga timnas Indonesia di piala AFF karena Clear
menjadi salah satu sponsornya. Siapa yang nggak bangga bilang, “gw kerja di
Unilever loh” secara perusahaannya perhatian banget sama karyawannya, dan
ketika karyawan merasa puas dengan perusahaan, mereka akan dengan sangat senang
hati meng-upload gambar kegiatan di perusahaan, nge-tweet soal perusahaan dan
sharing di sosial media tentang betapa happy-nya mereka kerja disini. Melalui
twitter @ULICareers dan Facebook Unilever Indonesia, perusahaan ini terus
berupaya menyebarkan berita betapa bahagia dan excited-nya kerja di kantor
mereka.
Oke, kali ini kita bahas mengenai
gambaran apa itu PR dan kenapa PR itu diperlukan. Selanjutnya kita akan diskusi
mengenai, siapa sih target dari program PR dan apa saja kegiatan dari program
PR itu sendiri. Yuk kenalan sama Public Relations :)
Pekan Olahraga Unilever |
Penutupan Pekan Olahraga Unilever |
Sumber Referensi:
- Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations - Rosady Ruslan, S.H., M.M
- Managemen Public Relations: Strategi Menjadi Humas Profesional - Morissan, M.A.
3 komentar
..............KISAH NYATA..............
ReplyDeleteAss.Saya Bpak.Apri Yanto Dari Kota Surabaya Ingin Berbagi Cerita
dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
internet dan menemukan nomor Ki Kanjeng,saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasi solusi,
awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Kanjeng alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
Kanjeng Taat Pribadi di nmr 085325576777 Kyai Dari Probolinggo,ini nyata demi Allah kalau saya bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.
KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!
((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))
Pesugihan Instant 10 MILYAR
Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :
Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
dll
Syarat :
Usia Minimal 21 Tahun
Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda
Proses :
Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
Harus siap mental lahir dan batin
Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
Pada malam hari tidak boleh tidur
Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :
Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
Ayam cemani : 2jt
Minyak Songolangit : 2jt
bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt
Prosedur Daftar Ritual ini :
Kirim Foto anda
Kirim Data sesuai KTP
Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR
Kirim ke nomor ini : 085325576777
SMS Anda akan Kami balas secepatnya
Maaf Program ini TERBATAS hanya untuk 25 Orang saja..
------------------------------------------------------
WhatsApp 085 244 015 689
ReplyDeleteTerimakasih banyak AKI karna melalui jalan togel ini saya sekarang sudah bisa melunasi semua hutang2 orang tua saya bahkan saya juga sudah punya warung makan sendiri hi itu semua berkat bantuan AKI JAYA yang telah membarikan angka 4D nya menang 275 jt kepada saya dan ALHAMDULILLAH berhasil,kini saya sangat bangga pada diri saya sendiri karna melalui jalan togel ini saya sudah bisa membahagiakan orang tua saya..jika anda ingin sukses seperti saya hubungi no hp O85-244-015-689 AKI JAYA,angka ritual AKI JAYA meman selalu tepat dan terbukti..silahkan anda buktikan sendiri. 2D 3D 4D 5D 6D
Izinkan Saya Mbah Agus Darma Untuk Memberikan Solusi Terbaik Untuk Anda Yang Sangat Membutuhkan.Ada Berbagai Cara Untuk Membantu Mengatasi Masalah Perekonomian,Dengan Jalan ; 1,Melalui Angka Togel Jitu ; Supranatural 2,Pesugihan Serba Bisa 3,Pesugihan Uang Balik/Bank ghaib 4,Ilmu Pengasihan 5,DLL HANYA DENGAN BERMODALKAN KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN,INSYA ALLAH ITU SEMUANYA AKAN BERHASIL SESUAI DENGAN KEINGINAN ANDA... Dunia yang akan mewujudkan impian anda dalam sekejab dan menuntaskan masalah keuangan anda dalam waktu yang singkat. Mungkin tidak pernah terpikir dalam hidup kita untuk menyentuh hal hal seperti ini. Ketika terpikirkan kekuasaan, uang dalam genggaman, semua bisa dikendalikan sesuai keinginan kita.Semua bisa diselesaikan secara logika.Tapi akankah logika selalu bisa menyelesaikan masalah kita. Pesugihan Mbah Agus Darma memiliki ilmu supranatural yang bisa menghasilkan angka angka putaran togel yang sangat mengagumkan, ini sudah di buktikan member bahkan yang sudah merasakan kemenangan(berhasil), baik di indonesia maupun di luar negeri.. ritual khusus di laksanakan di tempat tertentu, hasil ritual bisa menghasilkan angka 2D,3D,4D,5D.6D. sesuai permintaan pasien.Mbah bisa menembus semua jenis putaran togel. baik itu SGP/HK/Malaysia/Sydnei,Dll maupun putaran lainnya. Mbah Akan Membantu Anda Dengan Angka Ghoib Yang Sangat Mengagumkan "Kunci keberhasilan anda adalah harus optimis karena dengan optimis.. angka hasil ritual pasti berhasil !! BERGABUNGLAH DAN RAIH KEMENANGAN ANDA..! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!! Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini 1. Di Lilit Hutang 2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel 3. Barang berharga Anda Sudah Habis Buat Judi Togel 4. Anda Sudah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa…Selama Mentari Masih Bersinar Masih Ada Harapan Untuk Hari Esok.Kami akan membantu anda semua dengan Angka Ritual Kami..Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya Saja… Apabila Anda Ingin Mendapatkan Nomor Jitu 2D 3D 4D 6D Dari Mbah Agus Darma Selama Lima Kali Putaran,Silahkan Bergabung dengan Uang Pendaftaran Paket 2D Sebesar Rp. 500.000 Paket 3D Sebesar Rp. 700.000 Paket 4D Sebesar Rp. 1.000.000 Paket 6D Sebesar Rp. 1.500.000 dikirim Ke Rekening BRI.Atas Nama:No Rekening PENDAFTARAN MEMBER FORMAT PENDAFTARAN KETIK: Nama Anda#Kota Anda#Kabupaten#Togel SGP/HKG#DLL LALU kirim ke no HP : ( 0823-8738-4409 ) SILAHKAN HUBUNGI EYANG GURU:0823-8738-4409
ReplyDeleteHalo, gimana pendapatmu setelah membaca tulisan di atas?