Mengenal Fungsi Public Relations

By Riki Rachman Permana - Friday, January 03, 2014



Pernah denger istilah Public Relations? Kalau di Indonesia, terjemahannya mungkin Hubungan Masyarakat (Humas). Sebenernya itu profesi ngapain sih? 

Bekerja di industri komunikasi, khususnya sebagai Public Relations officer memang memiliki tantangan tersendiri. Pertama, kita berhadapan dengan banyak pihak yang tidak mengetahui apa itu Public Relations dan bagaimana kontribusinya untuk sebuah organisasi atau perusahaan. Minimnya pemahaman mengenai fungsi Public Relations atau yang lebih sering dikenal di Indonesia dengan Humas (Hubungan Masyarakat) kadang diperparah dari level internal organisasi atau perusahaan itu sendiri.

Diantara aktivitas PR antara lain merencanakan Talkshow TV & Exclusive Interview

Beberapa perusahaan, kerap menggunakan peranan PR untuk “memadamkan api” khususnya ketika perusahaan diterpa sebuah krisis. Dalam hal ini, sebenarnya perusahaan telah mengetahui apa itu PR dan bagaimana PR bekerja, namun kurangnya pemahaman serta referensi success story kompetitor yang mengaplikasikan peranan PR dalam agenda bisnisnya menjadikan PR dianggap sebagai cara yang belum pas digunakan untuk saat ini. Buat apa, toh penjualan kita juga sudah di atas angin toh? Target sales tercapai, amanlah. Kadang perusahaan terlalu nyaman dengan keadaan ini, disisi lainnya kompetitor sudah mulai menyusun rencana untuk meraih simpati publik. 

Omong-omong, setidaknya inilah pandangan saya mengenai profesi Public Relations selama bergelut di bidang ini sekitar 2 tahun belakangan. Pengalaman saya yang masih minim bukanlah penghalang untuk menghambat sharing bukan? Semoga sudut pandang yang saya beberkan dalam forum ini bisa menjadi bahan diskusi kita bersama untuk memperkaya ilmu.


Apa itu Public Relations? 

Di tahun 1960, Ivy Lee merupakan orang yang tercatat sebagai penyandang profesi Public Relations pertama di Amerika Serikat, hal ini mengantarkan Ivy Lee dikenal sebagai “Bapak Public Relations” hingga saat ini. Keberhasilan Ivy Lee memperkenalkan sebuah wacana mengenai Public Relations mengantarkan keberhasilan beberapa perusahaan melewati krisis, terutama krisis yang menyangkut opini negatif publik. Salah satu pemikiran Ivy Lee yang cukup terkenal adalah statemen-nya bahwa “publik tidak bisa lagi diabaikan”. Sejak saat itulah masyarakat kemudian mengenai profesi Public Relations sangat erat kaitannya dengan bagaimana menciptakan publisitas (publicity), publikasi (publication), promosi (promotion), dan hubungan dengan pers (press relations). Peranan PR dalam menjalankan beberapa fungsi tersebut terus diandalkan oleh berbagai perusahaan dan menyebar ke banyak negara hingga Indonesia. 

Mengutip beberapa definisi yang diungkapkan oleh para ahli di dunia Komunikasi, maka definisi berikut semoga dapat membantu pemahaman teman-teman semua tentang apa itu PR:
      An effort to establish and mantain mutual understanding between organization and its public (Suatu upaya untuk membangun dan mempertahankan saling pengertian antara organisasi dengan publiknya) – The British Institute of Public Relations

    The planned effort to influence opinion through good character and responsible performance, based on mutually satisfactory two-way communications (Usaha terencana untuk memengaruhi pandangan melalui karakter yang baik serta tindakan yang bertanggung jawab, didasarkan atas komunikasi dua arah yang saling memuaskan) – Cutlip, Center & Broom

Dari kedua definisi tersebut, gampangnya PR dapat dipahami sebagai sebuah usaha terencana yang dilakukan oleh perusahaan atau organisasi dengan tujuan untuk membangun serta mempertahankan hubungan baik melalui kegiatan-kegiatan positif guna memengaruhi persepsi publik (sehingga menjadi positif) didasarkan atas komunikasi dua arah (antara perusahaan dengan target publik yang akan disasar) yang saling menguntungkan. 

Sudah cukup jelas? Jadi apapun yang PR lakukan, haruslah merupakan sebuah konsep yang terencana. Lengkap dengan tujuan yang akan diraih, konsep yang kreatif dan efektif, serta sasaran program yang akan dituju. Buat saya, kegiatan PR tidak cukup dilakukan hanya sekali atau dua kali saja untuk meraih opini dan kepercayaan positif dari masyarakat terhadap perusahaan, melainkan perlu dilakukan secara berkesinambungan dan yang penting kreatif dan efektif!


Kegiatan Door Stop Interview & Radio Talkshow. PR berfungsi mengembangkan konten komunikasi (message) yang akan disampaikan kepada target audience.

Public Relations tentu berbeda dengan Marketing, meskipun dalam dunia PR dikenal konsep Marketing Public Relations namun tetap tidak dapat menggantikan peranan Marketing karena PR memiliki tujuan untuk meraih simpati publik sehingga publik percaya dan jatuh hati pada perusahaan. Ada perumpamaan klasik yang selalu diajarkan kepada mahasiswa Public Relations, meskipun klasik namun perumpamaan ini akan membantu teman-teman memahami fungsi PR  

    If i tell you i am handsome and exciting, that is advertising. (Bila saya mengatakan kepadamu kalau saya ganteng dan menarik, maka itu disebut Iklan)

     If you come and tell me you have heard I am handsome and exciting, that is Public Relations (Bila Anda datang dan mengatakan pada saya kalau Anda pernah mendengar bahwa saya itu ganteng dan menarik, maka itulah PR).

Lihat perbedaannya kan? Iklan jelas terang-terangan meng-klaim bahwa dirinya No-1 (mana ada sih Kecap yang meng-klaim dirinya kualitas No-2?) Sedangkan PR lebih menekankan pada tersebarluasnya informasi positif kepada publik, sehingga publik dapat menjadi agen yang mampu menyebarluaskan kembali informasi, syukur-syukur bisa menjadi agen yang merekomendasikan hal positif kepada kawan lainnya. 

Pernah datang ke restoran karena kamu mendengar kalau restoran itu punya makanan yang enak banget? Nah selain memang peranan promosinya yang kuat, konten informasi positif yang disampaikan oleh PR menjadi kunci kenapa kamu terhipnotis mendatangi restoran tersebut. PR menciptakan opini positif sehingga menjadi sebuah persepsi hingga akhirnya menjadi simpati. Konsep ini tentu hanya akan berjalan kalau kamu benar-benar membuktikan bahwa pelayanan restoran & makanannya sesuai dengan rumor yang beredar. Ketika kamu kecewa dengan kenyataan bahwa apa yang kamu rasakan tidak sesuai dengan apa yang kamu dengar, maka itulah yang dinamakan dengan “Pencitraan” – istilah yang sering digunakan oleh orang belakangan ini.


Success Story Public Relations

Pernah mendengar PT Unilever Indonesia? Produsen produk ternama seperti Pepsodent, Ponds, Blue Band, Rexona, Rinso dan masih banyak produk lainnya. Unilever memiliki misi bahwa publik harus mengenal Unilever sebagai perusahaan yang baik, mempekerjakan karyawannya dengan baik, sehingga menghasilkan produk yang baik bagi masyarakat. Misi ini ditumpahkan dalam slogan “Great People, Great Place” yang bermakna Unilever adalah tempat terbaik bagi orang-orang terbaik untuk bekerja dan membuat perubahan “Make a Difference”. 

Apa yang dilakukan oleh divisi Public Relations sehingga misi ini tercapai? Pertama, mereka menjalankan komunikasi kepada karyawan internal. PR bekerja untuk memberikan pemahaman, motifasi dan perhatian kepada karyawan sehingga karyawan merasa bangga bekerja di Unilever. Sebagai contoh, perusahaan selalu membagikan produknya setiap bulan kepada karyawan, karyawan dapat menikmati fasilitas gym di kantor secara gratis, karyawan dan tamu dapat menikmati Buavita di lobby kantor, ataupun karyawan berkesempatan menonton laga timnas Indonesia di piala AFF karena Clear menjadi salah satu sponsornya. Siapa yang nggak bangga bilang, “gw kerja di Unilever loh” secara perusahaannya perhatian banget sama karyawannya, dan ketika karyawan merasa puas dengan perusahaan, mereka akan dengan sangat senang hati meng-upload gambar kegiatan di perusahaan, nge-tweet soal perusahaan dan sharing di sosial media tentang betapa happy-nya mereka kerja disini. Melalui twitter @ULICareers dan Facebook Unilever Indonesia, perusahaan ini terus berupaya menyebarkan berita betapa bahagia dan excited-nya kerja di kantor mereka.
https://twitter.com/ULICareers
Pekan Olahraga Unilever

https://twitter.com/ULICareers
Penutupan Pekan Olahraga Unilever
Oke, kali ini kita bahas mengenai gambaran apa itu PR dan kenapa PR itu diperlukan. Selanjutnya kita akan diskusi mengenai, siapa sih target dari program PR dan apa saja kegiatan dari program PR itu sendiri. Yuk kenalan sama Public Relations :) 

Sumber Referensi:
  1. Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations - Rosady Ruslan, S.H., M.M
  2. Managemen Public Relations: Strategi Menjadi Humas Profesional - Morissan, M.A. 

  • Share:

You Might Also Like

3 komentar

  1. ..............KISAH NYATA..............
    Ass.Saya Bpak.Apri Yanto Dari Kota Surabaya Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Kanjeng,saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasi solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Kanjeng alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
    Kanjeng Taat Pribadi di nmr 085325576777 Kyai Dari Probolinggo,ini nyata demi Allah kalau saya bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.


    KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!


    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))


    Pesugihan Instant 10 MILYAR
    Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

    Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
    Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll

    Syarat :

    Usia Minimal 21 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

    Proses :

    Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur

    Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

    Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

    Prosedur Daftar Ritual ini :

    Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP

    Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

    Kirim ke nomor ini : 085325576777
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya

    Maaf Program ini TERBATAS hanya untuk 25 Orang saja..

    ------------------------------------------------------

    ReplyDelete
  2. WhatsApp 085 244 015 689
    Terimakasih banyak AKI karna melalui jalan togel ini saya sekarang sudah bisa melunasi semua hutang2 orang tua saya bahkan saya juga sudah punya warung makan sendiri hi itu semua berkat bantuan AKI JAYA yang telah membarikan angka 4D nya menang 275 jt kepada saya dan ALHAMDULILLAH berhasil,kini saya sangat bangga pada diri saya sendiri karna melalui jalan togel ini saya sudah bisa membahagiakan orang tua saya..jika anda ingin sukses seperti saya hubungi no hp O85-244-015-689 AKI JAYA,angka ritual AKI JAYA meman selalu tepat dan terbukti..silahkan anda buktikan sendiri. 2D 3D 4D 5D 6D

    ReplyDelete
  3. Izinkan Saya Mbah Agus Darma Untuk Memberikan Solusi Terbaik Untuk Anda Yang Sangat Membutuhkan.Ada Berbagai Cara Untuk Membantu Mengatasi Masalah Perekonomian,Dengan Jalan ; 1,Melalui Angka Togel Jitu ; Supranatural 2,Pesugihan Serba Bisa 3,Pesugihan Uang Balik/Bank ghaib 4,Ilmu Pengasihan 5,DLL HANYA DENGAN BERMODALKAN KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN,INSYA ALLAH ITU SEMUANYA AKAN BERHASIL SESUAI DENGAN KEINGINAN ANDA... Dunia yang akan mewujudkan impian anda dalam sekejab dan menuntaskan masalah keuangan anda dalam waktu yang singkat. Mungkin tidak pernah terpikir dalam hidup kita untuk menyentuh hal hal seperti ini. Ketika terpikirkan kekuasaan, uang dalam genggaman, semua bisa dikendalikan sesuai keinginan kita.Semua bisa diselesaikan secara logika.Tapi akankah logika selalu bisa menyelesaikan masalah kita. Pesugihan Mbah Agus Darma memiliki ilmu supranatural yang bisa menghasilkan angka angka putaran togel yang sangat mengagumkan, ini sudah di buktikan member bahkan yang sudah merasakan kemenangan(berhasil), baik di indonesia maupun di luar negeri.. ritual khusus di laksanakan di tempat tertentu, hasil ritual bisa menghasilkan angka 2D,3D,4D,5D.6D. sesuai permintaan pasien.Mbah bisa menembus semua jenis putaran togel. baik itu SGP/HK/Malaysia/Sydnei,Dll maupun putaran lainnya. Mbah Akan Membantu Anda Dengan Angka Ghoib Yang Sangat Mengagumkan "Kunci keberhasilan anda adalah harus optimis karena dengan optimis.. angka hasil ritual pasti berhasil !! BERGABUNGLAH DAN RAIH KEMENANGAN ANDA..! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!! Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini 1. Di Lilit Hutang 2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel 3. Barang berharga Anda Sudah Habis Buat Judi Togel 4. Anda Sudah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa…Selama Mentari Masih Bersinar Masih Ada Harapan Untuk Hari Esok.Kami akan membantu anda semua dengan Angka Ritual Kami..Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya Saja… Apabila Anda Ingin Mendapatkan Nomor Jitu 2D 3D 4D 6D Dari Mbah Agus Darma Selama Lima Kali Putaran,Silahkan Bergabung dengan Uang Pendaftaran Paket 2D Sebesar Rp. 500.000 Paket 3D Sebesar Rp. 700.000 Paket 4D Sebesar Rp. 1.000.000 Paket 6D Sebesar Rp. 1.500.000 dikirim Ke Rekening BRI.Atas Nama:No Rekening PENDAFTARAN MEMBER FORMAT PENDAFTARAN KETIK: Nama Anda#Kota Anda#Kabupaten#Togel SGP/HKG#DLL LALU kirim ke no HP : ( 0823-8738-4409 ) SILAHKAN HUBUNGI EYANG GURU:0823-8738-4409

    ReplyDelete

Halo, gimana pendapatmu setelah membaca tulisan di atas?