Malam Mingguan di Shenzhen!

By Riki Rachman Permana - Sunday, April 30, 2017

Buat saya yang gak begitu punya banyak pengalaman percintaan yang bisa dibanggakan, mungkin tulisan ini adalah bukti kalau kisah percintaan saya gak begitu menyedihkan. Setidaknya ada yang bisa dipamerkan di jagad dunia maya khususnya di blog yang gak begitu banyak pembacanya ini *nyesek

Sebelumnya saya biasa menghabiskan malam minggu di kostan atau ya ngumpul sama temen-temen yang juga jombs sih senasib sepenanggungan. Kadang tetangga yang udah punya pacar suka nanya kalo malming, “Ki gak kemana-mana?” Harusnya sih dia hafal ya jawabannya apa karena selalu saya bilang “hehe enggak, belum tau mau kemana”.

Bermula dari euphoria Garuda Indonesia Online Travel Fair 2016 yang menawarkan banyak tiket murah pulang-pergi dengan kartu kredit BRI akhirnya datanglah ajakan untuk berpetualang ke Hong Kong. Sebetulnya gak ada agenda sama sekali untuk traveling ke luar negeri di tahun 2016, berhubung ajakan itu datang dari orang yang special pake sosis & telor 3/4 mateng (kok jadi laper ya) mikirnya pasti seru nih buat jalan-jalan bareng apalagi ke luar negeri hehe…

Setelah melalui berbagai usaha dan perjuangan dapatlah kami tiket Jakarta – Hong Kong seharga Rp 2.853.800 yeay! Sengaja kami memilih tanggal 28 Januari karena mengambil momen hari raya Imlek, biar gimana gitu rasanya tahun baruan di daerah yang Asia banget! *padahal ke Glodok juga berasa sih nuansa Cina-nya gak perlu nunggu Imlek haha…




Langkah selanjutnya adalah merumuskan teks proklamasi itinerary kegiatan. Mulai deh tuh cari informasi sebanyak mungkin hingga mampir ke Gramedia cuma buat curi informasi (foto beberapa lembar halaman pake HP) dan gak beli bukunya haha! Atau download PDF bukunya Mbak Claudia Kaunang, chatting sama temen sana-sini, pokoke segala cara deh, gak liat halal haram dilakuin untuk merumuskan itinerary yang sempurnahhh.

Saat merumuskan itinerary dan membaca banyak info, mulai terpikir untuk menjelajah Shenzhen – sebuah kota di wilayah daratan negara Cina yang letaknya berdekatan dengan Hong Kong. Kami punya waktu 6 hari di sana mulai 28 Januari hingga pulang kembali ke Jakarta di tanggal 2 Februari 2017. Rencananya memang kami ingin mengeksplorasi Hong Kong, Shenzhen dan Macau.

Shenzhen juga dikenal sebagai kota industri loh katanya (jiwa tenaga kerja Indonesia-nya mulai melihat peluang). Saat mencari info tentang Shenzhen kami banyak diliputi rasa ragu & lapar, ada yang bilang bisa pake Visa on Arrival (VoA) ada juga yang bilang untuk sementara waktu VoA-nya ditutup. Usut punya usut ternyata ada testimoni di internet yang bilang kalau VoA masih dibuka dan bermodalkan secuil informasi itulah kami memberanikan diri untuk melangkahkan kaki ke Shenzhen.

Mencapai Shenzhen

Berhubung kami mendarat di Hong Kong, maka jalur transportasi yang kami ambil adalah moda transportasi MTR (Mass Transit Railway). Untuk mempermudah akses transportasi, cobalah membeli Octopus Card setibanya di bandara Hong Kong agar kamu bisa bepergian dengan berbagai pilhan transportasi (MTR/Bus) dan bertransaksi di berbagai toko/minimarket secara cashless selama di Hong Kong.


Lama foto-foto di bandaranya sih, karena over excited!

Hong Kong International Airport

Untuk mempermudah kamu mempelajari rute MTR, peta-nya bisa diunduh di-link berikut INI


Rute yang kami ambil dari starting point di HKIA (Hong Kong International Airport) adalah sebagai berikut (perhatikan dengan seksama peta MTR-nya, ini serius): 

  • Dari bandara naik Airport Express ke stasiun Nam Cheong
  • Dari stasiun Nam Cheong ambil jalur MTR warna ungu menuju stasiun Hung Hom. Kenapa dari Hung Hom? Karena keretanya masih kosong, kamu bisa duduk manis menuju Shenzhen
  • Dari stasiun Hung Hom duduk manis hingga mentok di Lo Wu. Stasiun Lo Wu adalah stasiun terakhir yang berbatasan langsung dengan Shenzhen. Bener-bener berbatasan langsung dengan pintu imigrasi yang berada di stasiun Louhu di Shenzhen. Hehe sekilas terdengar mirip ya namanya, jangan sampe salah. Setibanya di Lo Wu tinggal jalan kaki kok deket banget sekitar 10 menitan menuju Louhu dan mengurus imigrasi di Shenzhen
Total perjalanan dari bandara hingga mencapai stasiun Lo Wu kurang lebih sekitar 1,5 jam perjalanan sudah termasuk waktu untuk mencari line MTR saat transit, foto-foto (kurang-kurangin deh hehe) & liat-liat jajanan (banyak yang jualan fresh sushi takeaway di stasiun haha!

Stasiun Lo Wu - Hong Kong

Tips:


  • Harga Octopus Card sekitar HK$ 50 dengan deposit dikembalikan, waktu itu kami mengisi HK$ 100 sehingga nilainya HK$ 150
Counter MTR - tempat beli Octopus Card di bandara HKI
  • Peta MTR gak usah di-print, nanti di booth Hong Kong Tourism Board (lokasinya di luar bandara - setelah melewati Imigrasi & pengambilan bagasi) juga disediakan brosur banyak banget tentang transportasi, peta, juga atraksi wisata di Hong Kong
  • Mulai masuk ke Shenzhen meskipun banyak signage berbahasa Inggris tapi sebaiknya siapkan print out peta/reservasi tiket yang ada tulisan Mandarinnya karena banyak warga yang gak bisa diajak ngobrol Bahasa Inggris.


Mengurus Visa on Arrival

Waduh datang pas Imlek pasti penuh banget nih Imigrasi sama orang yang mau pulkam ke Shenzhen. Itu pikiran jenaka kami, nyatanya kosonggg shay! Sekitar pukul 19.00 waktu sana, kami tiba di stasiun Louhu dannn samsek kosong dong itu kantor Imigrasi haha…hanya ada segelintir petugas Imigrasi yang magabut.

Disini nih tantangan dimulai! Mulai bingung dong ngapain dulu nih di kantor Imigrasi, nanya ke petugas juga dibales pake Bahasa Mandarin, yawlooohh. Akhirnya dengan Bahasa isyarat, mereka (petugas Imigrasi) menyuruh kami mengisi form pengajuan VoA dan naik ke lantai atas untuk melakukan pembayaran. Bukti bayar inilah yang nantinya akan dicek oleh petugas Imigrasi seperti umumnya kita lewat pintu Imigrasi di bandara.

Berapa biayanya? Sekitar 168 CNY atau Rp 325.000 per Januari 2017 loh ya! Oh ya jangan bingung sama mata uang Renminbi (RMB) alias China Yuan (CNY), keduanya sama kok cuma orang sana lebih familiar dengan penyebutan RMB. Jadi siapkan CNY ya ketika mulai masuk ke wilayah Shenzhen.

Sebenernya untuk masuk ke wilayah Shenzhen ini ada banyak cara dari HKIA, bisa via bus hingga ferry, tapi memang opsi yang paling populer ke Shenzhen ditempuh lewat MTR. VoA di Shenzhen berlaku selama 5 hari saja ya, jadi gak bisa nyambil disana jadi TKI inget!


Malam Mingguan di Shenzhen

Ini nih bagian yang paling ditunggu di tulisan ini, prolog-nya panjang benerrrrr haha. Singkat cerita setelah berhasil menghirup udara dingin Shenzhen dan keluar pintu Imigrasi kami senang lah ya dan baru nyadar kalo itu malam minggu haha!


Yeah nyampe juga di Shenzhen!
Norak pasti dong, namanya baru pertama ke daratan Cina, yaudah foto-foto dulu di area sekitar stasiun. Agenda selanjutnya adalah mencari lokasi penginapan. Lagi-lagi kami menjumpai tantangan Bahasa. Susah banget nanya orang sana karena beberapa orang yang kami tanya menghindar ketika mendengar kami nanya pake Bahasa Inggris, ya masa kudu nanya pake Basa Sunda kang-ceu!

Tips

  • Print semua bukti reservasi, sujud syukur kalo ada tulisan mandarinnya, karena warga sana kayaknya juga susah banget baca huruf capital
  • Cari tau lokasi hotel yang kamu booking itu dekat stasiun kereta apa, di jalan apa, deket sama gedung apa, karena ini yang mungkin kamu lupa: disana HP secanggih apapun yang kamu bawa dari Indonesia means nothing! Haha gak ada wifi di stasiun, google di-block di Cina, gimana mau buka google maps coba!
  • Untuk mencari hotel salah satu aplikasi yang kami rekomendasikan adalah booking.com karena situs dan mobile apps ini memberikan pilihan non-prepayment & no need to use credit card untuk melakukan pemesanan hotel, jadi bayarnya on the spot di meja receptionist.


Kesana-Kemari Mencari Alamat

Sepetinya perlu waktu 2 jam mulai dari kami keluar dari pintu Imigrasi hingga berhasil  sampai di hotel. Mulai dari bingung naik kereta dimana, beli karcisnya gimana, turun di stasiun terus keluar ke arah mana hingga nyari alamat hotel yang juga susah, pokoknya seru untuk sekarang diceritakan tapi ketika dilakoni beberapa bulan lalu bikin kesel & deg-degan.

Untuk bepergian selama di Shenzhen kami memilih menggunakan transportasi Shenzhen Metro - subway-nya gitu. Nah ini penting buat kamu untuk print out peta jalur Metro Shenzhen karena gak tersedia di pintu Imigrasi stasiun Louhu (mungkin kalau masuk via bandara Shenzhen akan ada tourism board-nya kali ya). Download di SINI ya. 

Sistem pembelian tiketnya pun sama seperti di Kuala Lumpur atau Singapura yang menggunakan ticketing machine. Masukan nama stasiun tujuan di monitor kemudian kalkulasi biaya akan muncul, tinggal masukan uang receh ke dalam mesin. Kalau kamu gak punya uang kecil, ada counter untuk menukarkan pecahan CNY di tiap stasiun. Begitu semua selesai kita akan dapat coin chip. 


Shenzhen Metro System Map 
Untunglah saya ingat kalau di dekat hotel ada gerai Starbuck sebagai patokannya. Awalnya kami pikir bisa internetan di Starbuck, tapi again konek ke wifi-nya susah banget harus registrasi pake nomer sana haha. Untungnya salah satu staff yang baik hati mau membantu dan meminjamkan HP nya yang jauh lebih canggih dari HP sayah. Kesan yang kami tangkap adalah lost in translation banget selama di Shenzhen, komunikasi jadi kendala.

Oh ya selama di Shenzhen (berdasarkan pengalaman pribadi sih) Bahasa Inggris level advanced kamu yang sudah dinyatakan oleh sertifikat TOEFL / IELTS itu hampir gak kepake hahaha. Mau ngomong apa aja pake Bahasa Inggrisnya sepotong-sepotong (cukup sebutkan keyword-nya ajah), misal nih pas ke KFC saya mau beli french fries, gak perlu ngomong berbelit-belit pake English, tinggal tunjuk ke buku menu aja pake bahasa isyarat. Asli kocak sih ini selama di Shenzhen. Pokoke sebagai orang Indonesia saya merasa bangga meskipun Bahasa Inggris kita gak lancer-lancar amat, tapi way much better dibanding warga sana *nasionalisme mulai memuncak

Beruntunglah kami setelah berhasil buka internet akhirnya bisa menemukan hotel yang kami pesan, dan ternyata lokasinya di seberang starbuck, cuma masuk ke dalam gang gitu. Setelah check in dan istirahat sebentar, meskipun sudah jam 10 malam, kami gak mau melewatkan kesempatan untuk lihat-lihat Shenzhen. Jalanan memang sudah sepi, akhirnya kami cuma jalan kaki di sekitaran hotel aja sambil foto-foto, cari makanan halal dan ngobrol-ngobrol hehe.





Yess! akhirnya malam mingguan di Shenzhen sambil merayakan Imlek. Satu pengalaman yang gak bakal saya lupakan, malem mingguan di Shenzhen coy! Kalo malming di mall sih udah umum yah, tapi bisa menghabiskan waktu dengan orang spesial sambil mengeksplorasi sebuah negara/kota, terlibat banyak keseruan dan kebingungan bareng, menjajal banyak hal baru, merasa bisa “berdua” lebih deket tanpa gangguan handphone (secara ya gak ada internet haha) dan saling kenal satu sama lain, itu yang namanya amaiiiiizinggg hehe...

Kapan kita kemana lagi Ndut? :) 

  • Share:

You Might Also Like

8 komentar

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Paragraf kedua curhat banget ya ki :p

    Kalimat terakhir, ndut? who is heee or she? #bikingosip

    Btw tulisannya gedein dikit dong ki, aku atit mata :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman-teman disini, Awal mula saya ikut pesugihan, Karena usaha saya bangkrut dan saya di lilit hutang hingga 900jt membuat saya nekat melakukan pesugihan, hingga suatu waktu saya diberitahukan teman saya yang pernah mengikuti penarikan uang ghaib dengan AKI SOLEH JAFFAR menceritakan sosok AKI SOLEH JAFFAR, saya sudah mantap hati karena kesaksian teman saya, singkat cerita saya mengikuti saran dari pak.aki saya harus memilih penarikan dana ghaib 1 hari cair dengan tumbal hewan dan alhamdulillah keesokan harinya saya di telepon oleh pak aki bahwa ritualnya berhasil dana yang saya minta 3Milyar benar-benar masuk di rekening saya, sampai saat ini saya masih mimpi uang sebanyak itu bukan hanya melunaskan hutang ratusan juta bahkan mampu membangun ekonomi saya yang sebelumnya bangkrut, kini saya mempunyai usaha di jakarta dan surabaya yang lumayan besar, saya sangat bersykur kepada allah dan berterimakasih kepada pak. AKI SOLEH JAFFAR berkat beliau kini saya bangkit lagi dari keterpurukan. Jika ada teman-teman yang sedang mengalami kesulitan masalah ekonomi saya sarankan untuk menghubungi ki sholeh jaffar di nomor ini HUBUNGI WHATSAPP 0853-7778-3331 agar di berikan arahan Atau KUNCI PESUGIHAN UANG GAIB HARI INI




























      Assalamualaikum senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman-teman disini, Awal mula saya ikut pesugihan, Karena usaha saya bangkrut dan saya di lilit hutang hingga 900jt membuat saya nekat melakukan pesugihan, hingga suatu waktu saya diberitahukan teman saya yang pernah mengikuti penarikan uang ghaib dengan AKI SOLEH JAFFAR menceritakan sosok AKI SOLEH JAFFAR, saya sudah mantap hati karena kesaksian teman saya, singkat cerita saya mengikuti saran dari pak.aki saya harus memilih penarikan dana ghaib 1 hari cair dengan tumbal hewan dan alhamdulillah keesokan harinya saya di telepon oleh pak aki bahwa ritualnya berhasil dana yang saya minta 3Milyar benar-benar masuk di rekening saya, sampai saat ini saya masih mimpi uang sebanyak itu bukan hanya melunaskan hutang ratusan juta bahkan mampu membangun ekonomi saya yang sebelumnya bangkrut, kini saya mempunyai usaha di jakarta dan surabaya yang lumayan besar, saya sangat bersykur kepada allah dan berterimakasih kepada pak. AKI SOLEH JAFFAR berkat beliau kini saya bangkit lagi dari keterpurukan. Jika ada teman-teman yang sedang mengalami kesulitan masalah ekonomi saya sarankan untuk menghubungi ki sholeh jaffar di nomor ini HUBUNGI WHATSAPP 0853-7778-3331 agar di berikan arahan Atau KUNCI PESUGIHAN UANG GAIB HARI INI






      Delete
  3. ASS..WR.WB.SAYA pak alresky TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN AKI SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-3744-3355) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH
    NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-3744-3355)
    BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO
    >>>>>TOTO TOGEL 2D 3D 4D KLIK DISINI <<<<<
    DIJAMIN TIDAK MENGECEWAKAN ANDA APAPUN ANDA MINTA INSYA ALLAH PASTI DIKABULKAN BERGAUNLAH SECEPATNYA BERSAMA KAMI JANGAN SAMPAI ANDA MENYESAL















    ASS..WR.WB.SAYA pak alresky TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN AKI SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-3744-3355) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH
    NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-3744-3355)
    BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO
    >>>>>TOTO TOGEL 2D 3D 4D KLIK DISINI <<<<<
    DIJAMIN TIDAK MENGECEWAKAN ANDA APAPUN ANDA MINTA INSYA ALLAH PASTI DIKABULKAN BERGAUNLAH SECEPATNYA BERSAMA KAMI JANGAN SAMPAI ANDA MENYESAL















    ReplyDelete

  4. Terpaksa sy ucapkn dsni bahwa cita-citaku menjadi TKW yang sukses pulang di kampungku sudah tercapai, alhamdulillah.... awalnya aku ikut-ikutan melihat temanku, ternyata setelah kubuktikan hasilnya memang luar biasa ..!!! terima kasih banyak kpd teman aku yg ada di singapura..! berkat postingan dia di halaman facebook TKI Sukses aku baca. Aku bsa kenal nma nya Mbah Suro Guru spiritual PESUGIHAN ANKA GHAIB TOGEL 2D sampai 6D dan PESUGIHAN DANA GHAIB. . pikir-pikir kurang lebih 7 tahun kerja jd Tkw di Taiwan hanya jeritan batin dan tetes air mata ini selalu menharap tp tdk ada hasil sm sekali. Mana lagi dapat majikanku galak, kejam, cerewet, salah sedikit kena marah lagi . Tiap bulan dapat gaji hanya separoh saja . . itu pun tdk cukup biaya anak di kampung. Tp sy beranikan diri tlpon nmr beliau untuk minta bantuan nya. melalui PESUGIHAN DANA GHAIB Nya . syukur Alhamdulillah benar2 terbukti sekarang. terima kasih ya allah atas semua rejeki mu ini. Aku sudah bs pulang ke kmpung halaman buka usha skrg. jk tman minat ingin tlpn beliau . ini nmr nya +62 82354640471 & 082354640471 siapa tau anda bisa di bantu dan cocok sprti aku . aminn




    ReplyDelete
  5. Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokatu...
    Mohon maaf bilah kedatangan saya mengganggu. Perkenalkan nama saya mbak romlah asal magelang seorang mantan PRT duluh kerja di kota malaka malaysia selama 8 tahun lamanya. Singkat cerita..saya sangat berterima kasih kpd MBAH BALAPATI atas bantuan beliau melalui pemasangan nomer togel 6D Nya alhamdulillah saya menang RM,257.000 uang indo kurang lebih 770 juta. saya tidak menyangka kalau saya bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH BALAPATI, saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang alhamdulillah kini sekarang saya sudah punya rumah dan usaha sendiri itu semua atas bantuan beliau. Saya tidak tau harus berbuat apa untuk membalas kebaikan beliau karna banyakNya orang yg saya telpon dari google untuk minta bantuanNya tidak ada satu pun yg berhasil malah hutang saya tambah banyak. Beliau juga bisa membantu melalui pesugihan uang gaib tanpa tumbal, Pelet, Pelaris, Nomer togel 4D/5D/6D.. Bagi anda yg diluar negri maupun dalam negri butuh bantuan beliau jangan takut atau maluh segerah hubungi MBAH BALAPATI di nomer 082190534451 / +6282190534451 Semua akan berubah Karna kesuksesan ada pada diri kita sendiri. Yakin dan percaya bahwa itu semua akan tercapai berkat bantuan dari mbah dan muda2han anda cocok dan beliau bisa membantu anda seperti saya. Sekian dan terima kasih atas tumpangannya semoga dengan adaNya pesan singkat ini semua bisa merubah nasib...





    Wassalam...




    ReplyDelete
  6. Izinkan Saya Mbah Agus Darma Untuk Memberikan Solusi Terbaik Untuk Anda Yang Sangat Membutuhkan.Ada Berbagai Cara Untuk Membantu Mengatasi Masalah Perekonomian,Dengan Jalan ; 1,Melalui Angka Togel Jitu ; Supranatural 2,Pesugihan Serba Bisa 3,Pesugihan Uang Balik/Bank ghaib 4,Ilmu Pengasihan 5,DLL HANYA DENGAN BERMODALKAN KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN,INSYA ALLAH ITU SEMUANYA AKAN BERHASIL SESUAI DENGAN KEINGINAN ANDA... Dunia yang akan mewujudkan impian anda dalam sekejab dan menuntaskan masalah keuangan anda dalam waktu yang singkat. Mungkin tidak pernah terpikir dalam hidup kita untuk menyentuh hal hal seperti ini. Ketika terpikirkan kekuasaan, uang dalam genggaman, semua bisa dikendalikan sesuai keinginan kita.Semua bisa diselesaikan secara logika.Tapi akankah logika selalu bisa menyelesaikan masalah kita. Pesugihan Mbah Agus Darma memiliki ilmu supranatural yang bisa menghasilkan angka angka putaran togel yang sangat mengagumkan, ini sudah di buktikan member bahkan yang sudah merasakan kemenangan(berhasil), baik di indonesia maupun di luar negeri.. ritual khusus di laksanakan di tempat tertentu, hasil ritual bisa menghasilkan angka 2D,3D,4D,5D.6D. sesuai permintaan pasien.Mbah bisa menembus semua jenis putaran togel. baik itu SGP/HK/Malaysia/Sydnei,Dll maupun putaran lainnya. Mbah Akan Membantu Anda Dengan Angka Ghoib Yang Sangat Mengagumkan "Kunci keberhasilan anda adalah harus optimis karena dengan optimis.. angka hasil ritual pasti berhasil !! BERGABUNGLAH DAN RAIH KEMENANGAN ANDA..! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!! Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini 1. Di Lilit Hutang 2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel 3. Barang berharga Anda Sudah Habis Buat Judi Togel 4. Anda Sudah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa…Selama Mentari Masih Bersinar Masih Ada Harapan Untuk Hari Esok.Kami akan membantu anda semua dengan Angka Ritual Kami..Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya Saja… Apabila Anda Ingin Mendapatkan Nomor Jitu 2D 3D 4D 6D Dari Mbah Agus Darma Selama Lima Kali Putaran,Silahkan Bergabung dengan Uang Pendaftaran Paket 2D Sebesar Rp. 500.000 Paket 3D Sebesar Rp. 700.000 Paket 4D Sebesar Rp. 1.000.000 Paket 6D Sebesar Rp. 1.500.000 dikirim Ke Rekening BRI.Atas Nama:No Rekening PENDAFTARAN MEMBER FORMAT PENDAFTARAN KETIK: Nama Anda#Kota Anda#Kabupaten#Togel SGP/HKG#DLL LALU kirim ke no HP : ( 0823-8738-4409 ) SILAHKAN HUBUNGI EYANG GURU:0823-8738-4409

    ReplyDelete
  7. Terima kasih banyak kepada teman saya yang di Singapura ..! berkat postingan dia di halaman facebook TKI Sukses saya baca. Saya bisa kenal nama nya Mbah Suroto. saya tidak tau apa ini secara kebetulan saja. Tapi yang jelas saya berani sumpah demi alloh kalau saya tidak menikmati hasil nya bantuan dari mbah.

    waktu itu setelah pikir-pikir kurang lebih 5 tahun kerja jadi Tkw di Saudi Arabia hanya jeritan batin saya alami. Berkat bantuan beliau melalui Pesugihan Dana Gaib nya ini alhamdulillah sekarang kehidupan saya jauh lebih baik dari sebelumnya.

    Tergantung keyakinan dan kepercayaan saja. Banyak pilihan di berikan yaitu Dana Hibah, penglaris usaha dagan, dana gaib, anka gaib togel 3D,4D,5D,6D jampi pelet, ingin cepat dapat pekerjaan, dll....

    Kini saya berbagi pengalaman saja sudah saya rasakan dan buktikan sampai sekarang. Atau mungkin ada teman mau hubungi langsung beliau ini nomer WhatsApp nya 0822 9127 7145 Semoga bermanfaat. aminn...

    Info lebih jelas nya buka saja situs beliau di sini https://pesugihanputihislamia.blogspot.com.

    ReplyDelete

Halo, gimana pendapatmu setelah membaca tulisan di atas?