Keinginan dalam Kebutuhan

By Riki Rachman Permana - Tuesday, December 15, 2009


Pernah ngerasa gk sebagai seorang manusia kita selalu punya kebutuhan yang harus dan wajib buat dipenuhi. Mesti pokoknya, gk bisa ngak! Tiap hari ada aja kebutuhan yang mesti dipenuhi, mulai dari kebutuhan buat makan-minum, kebutuhan buat jalan-jalan dan seabreg kebutuhan lainnya yang udah di list di otak. Apakah smua kebutuhan itu mesti dipenuhi? Yang mesti diingat adalah bagaimana kita membedakan antara kebutuhan dengan kemauan. Yang namanya butuh itu bisa kita prioritasin buat dipenuhi, tapi yang namanya kemauan, klw terus terusan diikutin gk akan pernah ada abisnya. Selalu ada kemauan yang lebih tinggi setelah kita dapetin apa yang kita mau, ya gk?
Ada seorang psikolog namanya bang Maslow, beliau ini terkenal bgt sama teorinya yang dikasih nama teori hirarki kebutuhan (Hierarchy of Needs). Nah bang Maslow ini mengungkapkan bahwa yang namanya kebuthan kita itu ternyata terdiri dari 5 kategori loh yaitu kebutuhan fisiologis, rasa aman, rasa memiliki (belongingness), penghargaan dan aktualisasi diri. Kebutuhan paling dasar yang mesti banget wajib dipenuhi adalah kebutuhan fisiologis, seperti makan, minum, buang hajat dll. Kebutuhan fisiologis itu menurut bang Maslow merupakan kebutuhan yang paling kuat (proponent) hingga terpuaskan. Terus sebagai manusia kita juga butuh donk yang namanya rasa aman, merasa hidup bebas dan gk dibayang-bayangi dengan ketakutan. Selain itu kita pun butuh yang namanya rasa memiliki dan dicintai, karena pada dasarnya kita gk pernah bisa hidup sendirian, butuh temen yg ngertiin kita apa adanya kan?

Kebutuhan yang keempat itu adalah kebutuhan akan penghargaan. Gini, sebagai manusia yg normal gk mungkin kan kita gk butuh penghargaan, bukan berarti penghargaan itu dalam bentuk piagam atau selempangan gelar ya, tp punjian dan diakui oleh orang banyak adalah bentuk penghargaan. Misal nih sy pinter fisika (impian bgt hehe) tp gk da 1 orang pun di muka bumi ini yg muji sy, lama2 kesel sendiri kan? Dan kebutuhan yang paling tinggi adalah kebutuhan aktualisasi diri. Yang dimaksud dgn aktualisasi diri itu kasarnya “nampang” atau coba buat “eksis”. Kita pengen nunjukkin kalau kita punya bakat dan kemampuan sehingga orang lain bakal mengakui eksistensi kita. Tiap orang pasti butuh buat beraktualisasi. Gampangnya aja deh, misal ketika kita mau jalan-jalan, kita langsung pilih baju yg paling bagus, cuci muka (biar gk lepek), semprot minyak wangi kiri kanan smpe abis 1 liter…hehehe. Kenapa kita ngelakuin itu? Krn kita pengen eksis dan mengaktualisasikan diri kita, kita pengen bgt diperhatiin dan diliat sebagai diri kita dgn segala kekurangan dan kelebihannya, itulah namanya manusia normal….
Tiap kebutuhan emang perlu buat dipenuhi. Gk mungkin kan kalau kita mau eksis dan beraktualisasi tapi perut keroncongan? Atau gk mungkin juga kan kita pengen dicintai dan mencintai tapi kita sendiri selalu dibayang-bayangi oleh perasaan takut yang berlebihan? Takut digigit semut lah, takut item lah dll…hehe. Tapi gk saklek juga, artinya gk mesti kita memenuhi 1 kebutuhan baru bisa memenuhi kebutuhan yg lain. Namanya jg teori, meskipun kebutuhan fisiologis belum terpenuhi secukupnya tp kalau eman udh bakatnya narsis mah ya langsung aja pengen memenuhi kebutuhan buat aktualisasi dir…dgn foto2 tentunya…hahahaha PeDe DAHSYAT….
Ok setelah baca panjang lebar, akhrinya sy mau ngajak kita smua buat mulai mengaktualisasikan diri, mengekspresikan diri, tunjukkin meskipun kita masih muda tapi kita bisa kog bikin sejuta kejutan dalam hidup ini, aktualisasikanlah diri kita sebagai kita apa adanya. Banyak yang bisa kita lakuin, yang terpenting adalah adanya keinginan buat eksis. Sayang kan klw kita yang udah dianugerahi banyak nikmat dari Allah tp kita gk bisa mengaktualisasikan diri. Tunjukkin diri kita yang amazing ini sebagai bentuk syukur kepada Allah, kenapa mesti gk percaya diri? Inget loh guys, Allah aja waktu ciptain kita, niupin ruh ke badan kita percaya kog bahwa kita bisa facing the world, kog kita sendiri sebagai sang makhluk malah gk PeDe buat eksis di dunia ini….kuncinya kenalilah diri kita masing-masing, masih banyak yg belum kita maksimalkan dalam hidup ini…masa waktu 24 jam diabisin buat tidur lebih dari 10 jam sih? Berarti hidup kita tua krn kita abisin buat hidup aja…iya gk?

Isi tiap harinya seolah-olah itu hari terakhir buat kita ada di dunia. Cukup nyeremin sih kata-katanya tapi ambil sisi positifnya klw kita mikir bahwa ini hari terakhir kita ada di dunia maka kita bakal mencoba dan berusaha bwt jadi sahabat yg baik, ska traktir dan ceria ketimbang jadi sahabat yg nyebelin, bau kaos kaki, dll. Klw ini hari terakhir kta ada di dunia, maka kita bakal berusaha bwt jadi anak yg sholeh, nurut ma ortu, bukan malah jadi anak yg suka ngegosipin ortu di muka publik…ckckckcck…
Dan buat saya pribadi, klw hari ini adalah hari terakhir sy ada di dunia, maka tulisan inilah yg bakal bicara bahwa sy udah mencoba menjadi anak, teman, sahabat, murid, kakak, om, kenalan yg baik buat smua orang di sekitar sy…amin amin ya allah…

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. rick... postingannya juga di publikasiin ke FB ya ?

    ReplyDelete
  2. iya nelz...ak publish ke facebook..skrg udah bikin account blog di kompasiana.com juga...kasih nilai ya biar jadi top rank disana hihihi

    ReplyDelete

Halo, gimana pendapatmu setelah membaca tulisan di atas?