Nostalgia Bareng si Canon

By Riki Rachman Permana - Tuesday, May 17, 2011

Pas masuk perkuliahan smester 4 di Universitas Paramadina, kebetulan saya dapat matakuliah fotografi kehumasan. Sebenernya sih gak terlalu minat banget di matakuliah ini, saya lebih suka jadi modelnya! Di rumah (Cirebon), sebetulnya bapake punya kamera SLR yang masih analog pake film, dari kecil udah disuruh belajar fotografi, sayang kan punya kamera gk dipake, tapi kog rasanya gk nafsu ya? emang sifat jelek saya adalah belajar ketika butuh dan kepepet, kalau gk butuh saya cenderung gk mau belajar, tapi kalau dirasa butuh setengah mati saya kejar ilmu itu :D
Nah waktu tau bahwa saya bakal berjumpa matakuliah ini, agak minder juga sih, pertama karena sense of art saya sendiri masih samar-samar, kedua karena di Jakarta juga gk punya kamera, ketiga tetep karena saya pengen jadi MODEL :D.

Hari pertama perkuliahan cuma sebatas pengenalan, dosennya namanya Pak Budi dan Mas Ade, didampingi sama Ka Vidya dan Ka Arief sebagai asdos. Pengenalan seputar dunia kamera, beberapa hasil jepretan mereka yang semata-mata ditujukan untuk membangkitkan semangat mahasiswa di kelas supaya tertarik ke dunia fotografi. Seru, dan pengen langsung praktek (jadi model tentunya) haha...Pak Budi bilang kalau bisa pakai kamera yang DSLR karena kita akan belajar mengatur ISO, Diafragma dan Speed, gak perlu beli tapi pinjam aja. Nah loh ini yang jadi masalah, pinjem ke siapa? emang ada yang mau pinjemin barang mahal begini pak? apalagi yang minjem masih amatir, dan kalau ada apa-apa saya jg gak mampu ganti :D


Langsunglah saya curhat ke Mamah, dan mamah bilang, "kamu pake kamera papap aja yang analog, ntar di kirim ke Jakarta". Alhamdulillah deh kalau gitu, tapi dalam hati mikir tiap minggu saya harus modal beli film dan modal cuci cetak, yowes lah ora opo-opo, eh tiba-tiba dapet kabar kalau lensanya udah rusak ki, yah, hancur hatiku mah :( Gak berhenti sampai disitu aja, saya coba hubungi senior-senior dan tanya tempat penyewaan kamera, nyewa aja deh dari pada gak ada, ketemu tuh, adanya di daerah Pasar Baru Jakarta Pusat, tapi busetttt syarat peminjamannya banyak banget, terus harga sewa satu hari aja bisa sampe Rp 100.000 kalau sebulan ada empat kali pertemuan, kebayang kan berapa duit yang harus saya keluarkan untuk matakuliah ini :P

Sampai suatu ketika mamah telepon dan bilang, Ki mamah ada rejeki nih, kamu mau beli kamera gk? MAU BANGET MAMAH! hehe...., akhirnya saya coba sesuaikan budget yang diberikan sama ortu dengan harga kamera yang saya incar, pertama kali pilhan langsung tertuju pada Canon1000D, harganya gak begitu tinggi di kelasnya tapi hasilnya jepretannya keren :) Dan alhasil dapatlah kamera ini :)

Buat saya kehadiran si Canon ini sangat berarti, bukan cuma membantu saya lulus matakuliah fotografi kehumasan, tetapi lebih dari itu, banyak momen yang bisa saya abadikan dengan kamera ini, dilain sisi meskipun body-nya gede dan agak ribed serta takut bawanya, tapi Canon selalu menjadi kebanggaan saya. setelah matakuliah fotografi kehumasan berakhir, saya terus mencoba menggunakan kamera ini, karena sayang udah beli tapi gak dipake, dan akhirnya kamera ini terus menemani saya sampai dengan sekarang, Alhamdulillah.

Di beberapa kesempatan, dengan kamera ini saya jadi bisa cari uang jajan tambahan buat ditabung, karena punya kenalan sana-sini saya coba promosikan diri untuk foto pra wedding, foto akad nikah, foto resepsi pernikahan, foto wisuda di TK, foto kartini-an, dan banyak foto-foto lainnya. Hasilnya? ada kebanggaan ketika orang yang kita foto merasa senang dengan hasil foto kita, dan itu benar-benar membuatku bersemangat untuk memberikan segenap kemampuan dan passion di dunia fotografi ini. Oh ya saya juga mau kasih ucapan terima kasih tentunya buat orang tua yang udah kasih kamera ini sebagai hadiah, makasih mah&pap, terus kepada Pak Budi, Mas Ade, Ka Vidya, Mas Arief karena ilmunya sangat terpakai, terus kepada teman-teman (Sahid, Rian, Fathur, Dodi) yang banyak membantu selama ini, kepada para klien juga yang udah mempercayakan saya dalam setiap pemotretan (jangan bosen ya kasih job ke saya) hehe :D. Terakhir, saya masih pengen belajar fotografi, masih pengen pegang kamera yang lensanya kayak basoka suatu hari nanti (ngidam banget!) dan pengen jadi model/ kerja di majalah nantinya. Aaamiinnnn :)

Beberapa foto yang sempat saya abadikan berdua dengan si Canon :








  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. wah senangnya ilmu fotografinya kepake sampai sekarang :) aku jd seneng ilmunya gha sia-sia. kapan-kapan hunting bareng yuk ki! semakin banyak belajar, semakin tinggi jam terbangnya, semakin handal menghasilkan sebuah karya. keep practicing ;)
    salam foto!

    ReplyDelete
  2. waduh, ko ada foto ane ye???
    hehehhehe

    ReplyDelete

Halo, gimana pendapatmu setelah membaca tulisan di atas?